Perempuan Suci


Rating: ★★★★★
Category: Books
Genre: Religion & Spirituality
Author: Qaisra Shahraz
Zarri Bano, seorang perempuan Muslim nan jelita, berkali-kali menolak lamaran laki-laki sampai akhirnya ia bertemu Sikander, yang memikat hatinya pada pandangan pertama. Namun, ketika Jafar, adik lelaki Zarri Bano, penerus martabat ayah mereka satu-satunya, tewas dalam kecelakaan, sang ayah memaksa Zarri Bano menjadi Perempuan Suci. Ini berarti ia tidak boleh menikah, karena satu-satunya yang boleh ia nikahi adalah Al-Quran.

Api asmaranya bersama Sikander pun dipaksa padam, justru pada saat mereka benar-benar ingin mereguk cinta. Yang lebih menyakitkan, dalam puncak kekecewaannya, Sikander malah mengawini Ruby, adik Zarri Bano. Demikianlah, selama bertahun-tahun, kesedihan, amarah, dan perang batin Zarri Bano tersembunyi rapi di balik burqa hitam yang membungkus tubuhnya, dan membatasinya dengan dunia luar.

Terjadi di negeri Pakistan yang eksotis, novel yang banyak mendapat pujian ini memaparkan secara melodramatis peliknya realitas seorang perempuan yang hidup di tengah kungkungan tradisi yang dibangun oleh lak-laki.

***


Buku ini keren!! Sebenarnya bakal terpeta jelas bahwa pengarangnya adalah seorang feminis sejati. Karena banyak banget cerita yang menggambarkan bagaimana lelaki menindas hak-hak wanita dengan tiran mereka. Buku ini juga ngga sepenuhnya religius, ada sisi romantisnya yang cukup menyentuh gw saat baca [sampe pernah nangis waktu baca ini di dalam angkot gw pas pulang dari kantor, hehehe…]. Kalau ngga salah ada kisah sambungannya juga judulnya Perempuan Terluka yang udah beredar dari bulan Mei 2007 [lagi hunting nih. Ada yang udah punya?].
Ngga nyesel banget baca buku ini, banyak kisah hidup yang bisa dipelajarin. Termasuk bagaimana seharusnya menjalani kehidupan religi yang baik tanpa meninggalkan kehidupan duniawi. Bersukur banget di negara kita ngga ada kebudayaan model “Perempuan Suci” kaya gini. I probably gonna get my fat ass out immediately from this country if they force me to be the “Holy Woman” like that. Awful…
Ada satu quote yang paling menyentuh kalbu gw diucapkan oleh salah satu tokoh cantik bernama Firdaus. She said,

“Keangkuhan adalah sebuah fenomena jahat yang tidak akan menghasilkan apapun, selain jurang diantara orang-orang yang saling menyinta…”


~G~

7 thoughts on “Perempuan Suci

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s