Konser maut

Ngga nyangka gedung AACC, di jalan Braga Bandung tempat gw dulu pernah manggung di acara Beauty In Darkness jadi saksi bisu sebuah konser maut yang merenggut 10 nyawa ngga berdosa, hanya untuk nonton konser launching album dari “Beside”. Ini cuplikan yang gw dapat dari Kompas.Com:

“Peristiwa terjadi saat konser akan selesai. Menurut Kapolda, pihak panitia membagi-bagikan minuman kepada penonton. “Minuman itu bau spirtus. Lalu ada penonton yang pingsan,” ujarnya.

krisna sumargo: Karena melihat ada penonton yang pingsan, petugas kepolisian yang melakukan pengamanan kemudian memberhentikan konser. Lalu pertunjukan pun selesai. Sebagian penonton mencoba keluar gedung tersebut. “Ketika itulah penonton yang pingsan bertambah,” lanjut Kapolda.

Ia menegaskan, tidak ada keributan atau kerusuhan di dalam gedung. “Jadi tidak ada perkelahian di dalam gedung. Saat konser semuanya berjalan lancar. Tapi setelah konser selesai ada penonton yang kelihatan lemas. Karena itu kami minta ada visum. Apa penyebabnya, saya belum bisa jawab,” jelasnya.

krisna sumargo: Menurutnya, bisa jadi kejadian ini karena di dalam gedung kekurangan oksigen atau juga karena minuman yang diberikan oleh panitia. Namun, ia juga mengakui ada desak-desakan sesama penonton ketika mereka mencoba untuk keluar gedung.”

Coba deh, maksudnya apa coba panitia bagi2in minuman di sebuah acara Launching Album? Kecuali kalo emang sponsornya si merk minuman itu sendiri [which sudah pasti ngga akan dikasih izin pihak berwenang saat mereka ngurus perizinan tempat]. Paling ngga penonton dikasih rokok, minuman juga pantesnya air mineral aja [itu juga biasanya disediain sponsor]. Tapi ini bisa sampe nyelundupin minuman ga jelas ke dalam gedung.

Iya gw tau band itu alirannya hardcore lah, punk lah or whatever yang dengan kata lain so-called “musik cadas”, tapi apa gara2 itu terus pengamanan bisa diperlonggar seenaknya? Waktu gw manggung disana ngga ada tuh gw liat botol minuman berseliweran dsana. Kalaupun ada penonton yang mabok, mereka emang udah mabok dari sebelum mereka masuk kedalam gedung AACC.

Tragis… Gw sebagai salah satu pencinta musik sedih aja dengernya masih harus ada nyawa terbuang sia2 cuma untuk nonton konser. Padahal ngga peduli mau sekeras atau selembut apapun musik itu, harusnya yang namanya kedisiplinan dan keamanan dan perlindungan ngga boleh dibedakan. Yang nonton Jazz atau yang nonton Metal kan sama-sama manusia juga, punya hidup punya jiwa. Atau mereka menganggap pengagum musik Metal tidak seberharga pengagum musik Jazz atau klasik jadi dengan mudah kita bisa liat perbedaan jauh dari segi keamanan di konser2 musik yang berkaitan ini?

Innaillahi… moga2 kedepannya ngga akan pernah terjadi lagi ya, Amin…

PS: Semoga arwah para korban dapat diterima di sisiNya dan semoga Allah memberikan keuatan bagi keluarga yang ditinggalkan…

~G~

20 thoughts on “Konser maut

  1. ya itulah konser di Indonesia…
    udah hampir 10 tahun aku hidup di belakang sebuah konser musik
    memang banyak celah
    ya penonton yang belum punya edukasi buat liat sebuah konser
    ya pihak keamanan yang masi seenaknya kalo jaga konser
    banyak banget deh celahnya…

  2. Mungkin itu ya, next time panitia acara underground kaya gini ngga boleh nyepelein keamanan lagi deh. Gila, corengin muka dunia musik Indonesia aja. Beside juga ngga setenar Gigi atau SOS kan, tapi tetep antusiasme orang2 bagus. Yang kaya gitu panitia penyelenggara juga harusnya appreciate mereka dengan ningkatin disiplin di area konser…

  3. Masalah music & lifestyle emang berkaitan [suka tidak suka], tapi bukan berarti manusia ngga punya pilihan. Gw penggemar musik underground, tapi gw memilih untuk ngga nyia2in hidup gw ke narkoba/minum2an ngga guna kaya gitu. Dan gw masih tetep bisa nonton acara musik metal dengan damai tanpa harus rusuh. Hidup itu kan pilihan, tinggal gimana cara kita berpikir akan tindak-akibat aja kan?

  4. ….core till die…, jangan salahin cadas ga'nya… konser ungu-pun 10 yg lewat,…, bakal makin sulit aja nih ijin bikin acara,.. rearrange deh jadwal gw di bandung…, maybe oneday gw yg mati diatas panggung… who knows… LO GA BISA MILIH DIMANA LO MATI.., jangan jadiin rock n roll kambing hitam.., take a risk or just stay alive in uterus…

  5. Untuk acara Launching kompilasi Beauty In Darkness yang kemarin juga kemungkinan bakal diselenggarain di Bandung lagi Mor.. Gw juga jadi agak jiper mau maen disana, tapi yah… duty is a duty. Kalo emang harus maen disana ya maen, harus mati disana ya mati, hehehe…

    Tanggal berapa Purgatory maen di bandung cintaku bakso urat?

    πŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s