Lagi hamil minum kopi, amankah?!

December 24, 2007

Bolehkah Minum Kopi Selama Hamil?

Masalah :

Assalamualaikum wr wb

Dokter Zubairi Yth,

Saya adalah seorang penggemar kopi. Saya biasa minum kopi minimal lima cangkir sehari, di rumah, di kantor, dan sepulang kantor seringkali ke kafe. Masalahnya, saat ini saya mendapati diri saya positif hamil. Suami saya mengatakan agar saya menghentikan kebiasaan minum kopi tersebut selama hamil, karena dapat berpengaruh buruk ke bayi. Ketika datang ke dokter kandungan pun beliau menyarankan hal yang sama. Cuma rasanya berat sekali jika harus berhenti sama sekali minum kopi. Apakah orang hamil sama sekali tidak boleh minum kopi? Mungkin ada batas aman berapa kali maksimal saya bisa minum kopi sehari?

Rita, Jakarta

Jawaban :

Waalaikumussalam wr wb

Ibu Rita,

Sebelumnya saya ucapkan selamat atas kehamilan Anda. Minum kopi memang nikmat, dan banyak orang tidak bisa lepas dari kopi setiap harinya. Memang selama kehamilan, banyak hal yang perlu dicermati, salah satunya makanan/minuman yang dikonsumsi.

Penelitian-penelitian mengenai pengaruh kopi pada kehamilan saat ini masih memberikan hasil yang beragam, ada yang mengatakan efeknya buruk, sebagian mengatakan tidak ada pengaruhnya. Yang umumnya diteliti adalah efek kopi terhadap keguguran, kelahiran prematur, dan berat lahir bayi yang rendah.

Senyawa dalam kopi yang dianggap berpengaruh pada kehamilan adalah kafein. Namun perlu diingat, selain kopi, kafein juga terkandung dalam cokelat, teh, dan kola. Kafein juga sering dicampurkan dengan beberapa jenis obat, seperti obat flu, antinyeri, perangsang nafsu makan, dan lain-lain.

Hal yang banyak muncul dari penelitian mengenai pengaruh kopi pada kehamilan adalah efeknya terhadap keguguran dan berat janin meningkat sesuai dengan bertambahnya dosis kafein. Oleh karena itu, maka para ahli menganjurkan untuk menghentikan atau setidaknya mengurangi dosis kopi yang diminum.

Dosis kopi yang dianggap ‘aman’ adalah 300 mg kafein per hari. Satu cangkir kopi dianggap rata-rata mengandung 100 mg per hari. Namun, harus hati-hati dengan anggapan ini. Seringkali penggemar kopi menyukai kopi yang kental, sehingga jumlah kafeinnya per gelas akan lebih banyak. Selain itu, tergantung ukuran gelasnya, jika menggunakan mug tentu lebih banyak dari cangkir.

Harus diingat pula, bahwa minum kopi juga dapat menurunkan penyerapan terhadap sejumlah mineral yang penting dalam kehamilan, seperti kalsium dan besi.

Maka, untuk praktisnya, sebaiknya Anda hanya minum kopi secangkir sehari. Karena selain mungkin secangkir kopi yang Anda minum kandungan kafeinnya lebih dari 100 mg, Anda juga mungkin makan/minum sumber kafein lain selama hamil, misalnya cokelat. Kalau bisa, minum kopinya tidak usah setiap hari.

dr. Zubairi Djoerban

 

Sumber : Republika Online

***

Oh Kopi, ternyata kita tidak harus bercerai, kita hanya harus break sebentar. Sabar yang kopi hitam, 5 bulanan lagi kok….

~ G ~

6 thoughts on “Lagi hamil minum kopi, amankah?!

  1. Aku juga tetep ngopi kok sist. Standarnya sehari sekali, itu juga kopi cream dan ngga kental (Aku biasanya waktu blom hamil kalau pagi selalu black coffee, siang coffee cream kental, malem ngopi lagi, hehehehe)

    Sekarang yg jelas kalo ngiler banget liat kopi itemnya suami, aku icip dikit aja, hehehe… :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s